Home ยป Peluang Pemuda Banjar Melancong ke Korea dan Australia

Peluang Pemuda Banjar Melancong ke Korea dan Australia

0 comment
Martapura, InfoPublik – Kementerian Pemuda dan Olahraga RI kembali menyelenggarakan Program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) Tahun 2023 dalam rangka menggali dan memberdayakan potensi pemuda di daerah sekaligus potensi muda nasional melalui kerja sama internasional. Program ini dilaksanakan melalui kerja sama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi serta melibatkan juga Dinas yang menangani kepemudaan di Kabupaten/Kota.
Pada tahun 2023 ini, dilaksanakan 2 program PPAN dengan tujuan negara Korea dan Australia. Untuk provinsi Kalimantan Selatan mendapatkan kuota sebanyak 2 orang, yakni 1 orang putra untuk PPAN ke Korea (PPIKor) dan 1 orang putri untuk PPAN ke Australia (PPIA).
Hal ini dijelaskan Kabid Kepemudaan Disbudporapar Kabupaten Banjar Noor Syawli Syahri setelah menerima Surat Edaran dari Dispora Provinsi Kalsel, Kamis (23/3/2023).
Syawli menambahkan, sepanjang pelaksanaan PPAN ada 3 pemuda dari Kabupaten Banjar yang berhasil ikut PPAN ini. Seperti pada tahun 2015 pada PPIA diwakili oleh M. Fitri Yandhi Pratama, pemuda yang berdomisili di Martapura. Kemudian pada tahun 2017 Nor Amelia, pemudi dari Kertak Hanyar yang ikut PPIKor dan Akhmad Salafuddin yang mengikuti SIYLEP ke Singapura pada tahun 2021.
Seleksi PPAN akan dilaksanakan pada tanggal 6 – 8 Mei 2023 di Banjarmasin. Persyaratan umum untuk dapat mengikuti Seleksi PPAN ini antara lain adalah usia pada saat seleksi mulai 21-25 tahun (untuk putri yang ke Australia) dan usia 18-24 tahun (untuk putra yang ke Korea), sehat jasmani/rohani, tidak merokok, bebas narkoba, pendidikan terakhir minimal SMA/SMK, belum menikah, peserta BPJS Kesehatan aktif, dan berkelakuan baik yang dibuktikan dengan SKCK, serta wajib membawa Surat Rekomendasi dari Dinas Kabupaten/Kota yang menangani kepemudaan.
“Dan yang paling penting adalah calon peserta mempunyai aktivitas program di berbagai bidang, contoh : aktivitas sosial, seni budaya, kewirausahaan, olahraga, dan lainnya,” ungkap Syawli.
Pendaftaran calon peserta PPAN dibuka secara online melalui tautan https://bit.ly/PPANKabBanjar2023.
Syawli menegaskan bahwa kesempatan ini terbuka seluas-luasnya bagi pemuda Kabupaten Banjar yang mempunyai potensi agar bisa ikut serta dalam program PPAN ini. Dan pihaknya pun akan mendukung sepenuhnya bagi pemuda Kabupaten Banjar yang ingin mengikuti PPAN ini. (IP Kab. Banjar/Brigade Disbudporapar)

You may also like

Alamat

Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata

Media Sosial

Latest News

@2023 – All Right Reserved. Designed and Developed by DKISP

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?